Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Belajar Filsafat Ukuran Saku (30 Hari Menulis #20)

6/20/2017 07:43:00 PM gitadine 1 Comments Category : , , , , , , , ,

Filsafat /fil·sa·fat/ n 1 pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya; 2 teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan; 3 ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi; 4 falsafah.

Kalau melihat pengertian KBBI daring tentangnya, tidak heran sih kalau beberapa orang menjadi tidak begitu berminat berurusan dengan filsafat. Padahal, menurut saya, filsafat itu bagian integral dalam kehidupan di muka bumi, lho! Penting sekali, terutama dalam proses pembentukan jati diri.

Untungnya, saya menemukan sesuatu yang bisa memperkenalkan kita kepada filsafat dengan cara yang mudah.


Philosophize This! adalah sebuah podcast oleh Stephen West. Pemikiran-pemikiran dari Socrates sampai Sartre dibahasnya dalam episode-episode singkat namun padat. Hanya dalam setengah jam, kita dapat menyantap suguhan yang bernutrisi bagi otak dan pemikiran kita. Dikemasnya juga dengan gaya tulis yang tidak membosankan, kok!


Beberapa minggu lalu, saya yang sedang bosan memutuskan untuk melihat-lihat fitur podcast di ponsel saya. Ketika menemukan Philosophize This!, saya tertarik untuk mendengarkan episode 094 tentang Nietzsche dan pandangannya terhadap cinta. Ternyata keren juga! Dari situ saya mendengar beberapa episode secara acak. Saking sukanya saya terhadap podcast ini, saya membahasnya juga di video di atas, hehe.

Sebenarnya podcast ini akan lebih efektif jika didengarkan berurutan, apalagi bagi pemula. Selain itu, karena podcast ini diproduksi oleh seorang warga negara Amerika, tentunya disajikan dalam bahasa Inggris. Tapi jangan khawatir, karena tiap episodenya memiliki transcript (salinan kata demi kata), kok! Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang bagus, kan? :)

Ada banyak cara untuk menikmati podcast ini: iTunes, Stitcher, Spotify, YouTube, dan lainnya. Langsung saja kunjungi website Philosophize This! untuk mencari tahu lebih lengkap tentangnya, ya! Selamat berfilsafat ria!

RELATED POSTS

1 orang nyasar

Bagaimana menurutmu?